Tips Sederhana merawat Alat musik Gitar

Alat musik gitar merupakan yang paling populer dari alat musik lainnya. Selain terjangkau harganya, gitar juga merupakan alat musik yang tidak membutuhkan ruang yang besar untuk memainkannya. Ada berbagai macam gitar yang ada di dunia ini. Kita hanya tinggal memilih gitar jenis apa untuk memenuhi hasrat bermusik kita jika ingin cari di jual gitar akustik. Alat musik ini telah diproduksi oleh perusahaan-perusahaan besar maupun oleh seniman rumahan. Keduanya mampu memberikan kualitas yang baik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.
Berbicara masalah perawatan gitar tentunya kita terlebih dahulu harus mengatahui komponen yang terdapat dalam gitar. Gitar akustik dengan gitar elektrik memiliki komponen yang berbeda. Secara sederhana perawatan kedua jenis alat musik tersebut hampir sama. Pertama adalah lebih baik menggunakan case gitar. Kedua selalu membersihkan senar gitar dan fretboard gitar. Kini telah tersedia cairan khusus yang bisa digunakan untuk membersihkan senar gitar. Dan sudah bisa dibeli di toko-toko yang menjual instrumen-alat musik. Ketiga jauhkan dari tempat-tempat yang lembab maupun basah. Kelima jangan menempatkan gitar dibidang yang rata, tembok umpamanya. Lebih dianjurkan menggunakan stand gitar. Keenam selalu kendorkan senar gitar jika habis digunakan. Ketujuh jangan menyimpan gitar digantung, apalagi dibidang yang memberikan resiko gitar jatuh sangat tinggi. Yang terakhir kedelapan, untuk gitar elektrik pastikan komponen elektriknya terhindar dari karat dengan cara dibersihkan secara rutin, lebih baik lagi setelah alat musik tersebut digunakan.
Cara yang dijelaskan diatas tidak lah membutuhkan waktu yang lama. Bagi kalangan profesional perawatan gitarnya tidak secara langsung dilakukan oleh sendiri tetapi bisa dilakukan oleh crewnya. Sepintas terlihat sepert hal yang sepele, tetapi hal tersebut akan mampu membantu menjaga kualitas nada yang dihasilkan dari intrumen tersebut. Tidak ada alasan bagi seseorang untuk tidak merawat alat musik gitar yang dimilikinya karena Proses perawatan yang tidak sulit dan tidak memakan banyak waktu. Jiika memang dirasakan masih tidak bisa dilakukan, maka segeralah meminta bantuan dari teman yang mengerti atau mendatangi ahli pembuat gitar dan memberikan kompensasi atas bantuannya. Satu hal yang tidak kalah penting adalah tentunya ada biaya yang harus dikeluarkan dalam proses perawatan tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s