Alat Musik Soliter

Alat musik yang ada di seluruh dunia ini tidak bisa dilepaskan dari kategori fungsinya. Kita mengenal ada alat musik kategori melodis, harmonis dan ritmis. Kategori ini dilakukan dalam rangka menciptakan sebuah musik yang komleks. Kategori yang didasarkan kepada nada yang dihasikan oleh alat musik tersebut jika ingin harga drum elektrik . Seperti yang kita ketahui alat musik melodis adalah alat musik yang memiliki nada tetapi tidak bisa dimainkan secara tunggal.

Alat musik harmonis adalah alat musik yang mampu di mainkan tunggal karena bisa menghasilkan tiga nada scara bersamaan. Sementara ritmis tidak menghasilkan nada tetapi perannya sebagi pengatur tempo. Kemudian ada juga orang yang mengatakan alat musik soliter. Alat musik ini bisa berdiri sendiri. Hal ini dikarenakan alat musik soliter bisa berfungsi sebgai alat musik melodis, harmonis, sekaligus ritmis. Gitar dan piano kembali masuk dalam kategori alat musik ini. Munculnya pengkategorian alat musik ini memang sangat terasa ketika sebuah kelompok memainkan musik. Fungsi dari alat musik akan terlihat sangat jelas. Meskipun dalam ranah modernitas seperti saat ini ada saja musisi yang mencoba menerobos batas dari fungsi-fungsi tersebut. Saat ini kita mengenal kelompok-kelompok perkusi dan marching band yang secara jelas mereka menggunakan alat musik ritmis, kenyataannya merka mampu melahirkan sebuah musik yang bisa dinikmati. Era modern ini kita tidak hanya bisa berpegangan kepada aturan-aturan baku dalam berinovasi.

Peraturan batas-batas fungsi alat musik bagi segelintir orang akan tersa sangat mengungkung “kegilaan” manusia untuk berkreasi. Alat musik soliter ini sepertinya tidak ada perbedaan dengan alat musik harmonis. Setidaknya sudah ada orang yang berani mengatakan bahwa alat musik kategori ini mampu berdiri sendiri dalam urusan menciptakan musik. Artinya didalam diri alat musik ini sudah tersususun fungsi yang menyatukan kategori alat musik yang seblumnya kita ketahui. Kemungkinan akan ada lagi manusi-manusia yang akan menambah daftar kategori fungsi dari sebuah alat musik di masa mendatang. Saat ini mari kita untuk terus berinovasi dan terus belajar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s