Piano atau gitar?

Musisi pemula yang baru pertama kali mengenal instrumen musik sering bertanya apa instrumen yang sebaiknya dipelajari atau yang paling mudah dikuasai? Dan mayoritas menjatuhkan dua pilihannya pada piano dan gitar, namun tentunya semua bertujuan untuk hanya memilih salah satu diantaranya bukan? Lalu instrumen apa yag seharusnya kita pelajari di awal karir sebagai musisi? Ini bukanlah pertayaan yang mudah untuk dijawab.

Jika melihat fenomena saat ini, piano adalah instrumen yang paling banyak digunakan oleh musisi pemula. Jadi, jangan heran ketika banyak anak-anak yang terlihat sudah piawai memainkan jarinya diatas piano. Sebab, hampir semua guru musik pasti merekomendasikan piano sebagai strater, mengapa? karena pola permainannya memang lebih mudah. Sayangnya banyak anak mudah lebih memilih untuk belajar gitar dibanding piani.

Ini tak lepas dari pengaruh dunia digital khususnya game online, gitar selalu menempati tempat khusus dalam budaya pop sehingga instrumen yang lebih sering didengar oleh anak-anak adalah gitar terutama karena ingin tampil keren. Nah jika anda adalah orang tua yang berharap sikecil menyukai piano maka lakukan hal serupa. Perkenalkan piano padanya dengan intensitas yang lebih tinggi.

Dari sudut pandang teknis, piano adalah instrumen yang lebih mudah dimainkan dan gitr jauh lebih sulit ditaklukan terbukti banyak anak muda frustasi karena gagal menguasai permainan gitar. Ketika kamu mulai belajar piano yang harus kamu lakukan hanyalah menekan tombol, sementara jika gitar kamu harus bisa memilih string yang tepat, ini tidak mudah karena setiap jari harus memainkan string yang berbeda.

Piano menyediakan pemahaman yang lebih komprehensif tentang bagaimana musik bekerja. Memang diawal pembelajar akan terasa sulit, namun seiring berjalannya waktu kita pasti akan tergoda untuk beli piano terbaik  dan beli speaker aktif karena jari sudah tak asing lagi menyentuh tuts. So, sudah paham mana yang harus terlebih dulu dipelajari antara piano atau gitar?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s