Mengenal Teknik bermain slap bass

slap bass adalah teknik bermain bass yang paling populer atau sering dimainkan oleh para bassist. Sebenarnya dalam teknisnya slap bass tidak jauh berbeda dengan permainan string, hanya saja untuk bisa memainkannya dengan baik kita harus mengetahui pointer atau langkah-langkah bermainnya. Pointer ini, jika kita bisa menguasainya makan kita bisa mendapatkan suara yang bagus.

teknik slap bass sendiri lebih sering hanya disebut slap, teknik ini sangat mengandalkan permainan ibu jari kanan dengan jari-jari tangan kanan untuk memberikan karakteristik perkusi. Cara terbaik untuk bisa menguasai teknik ini adalah dengan memulai menguasi slap yakni dengan manampar string menggunakan ibu jari yang akan memaksa string turun ke fret sehingga menghasilan suara slapp yang khas.

Ketika menampar atau memukul string dengan ringan biarkan ibu jari merebound gerakan tersebut pada string seperti tongkat drum yang rebound dari snare. Jika kamu salah melakukan ini, maka suara yang keluar akan terdengar sumbang. Ketika kamu mencoba memukul setiap string dengan ibu jari, pastikan jari-jari ditangan kiri meredam senar lain dengan meletakkan jarimu diatas string.

Selain dengan cara menampar atau memukul ringan, bagian penting lain dari teknik slapp bass ini adalah penggunaan teknik jari secara bergantian. Teknik ini biasanya dilakukan dengan jari telunjuk atau jari tengah. Teknik ini dilakukan dengan menempatkan ujung jari sedikit di bawah string dan kemudian menariknya ke atas hingga menghasilkan suara popping.  Kombinasi lengan dan pergelangan yang baik sangat berpengaruh pada suara yang dihasilkan. Coba beli gitar bass dan Beli Home Theater aplikasikan teknik ini untuk mendapatkan permainan bass yang khas.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s