Tips belajar piano untuk usia diatas 30 tahun

Jika ada yang bilang bahwa usia membatasimu berkreasi dalam bidang musik maka ia tidak benar-benar mengerti tentang musik. Setiap orang pasti bisa mengkreasikan musik namun mungkin dengan sejumlah batasan. Tentunya pihak-pihak yang khawatir tidak bisa meraih kesuksesan dalam dunia piano adalah mereka yang berusia diatas 30 tahun.Kelompok usia ini tidak dapat berkembang menjadi pianis tingkat konser, tapi masih bisa melakukan pertunjukan sederhana seperti musik klasik.

Mereka masih berkesempatan belajar bermain komposisi yang paling terkenal untuk kesenangan pribadi dan pertunjukan informal tentunya. Mungkin akan membutuhkan usaha super keras agar bisa menguasai sebuah materi namun akan sepadan dengan hasil yang didapat. Sebenarnya salah satu sebab yang membuat para calon pianis usia diatas 30 tahun sulit menguasai materi adalah rasa gelisah yang terus membayang. Kondisi ini pada akhirnya membuat kemampuan berkonsentrasi menurun perlahan-lahan.

Hal ini lah yang mungkin bisa menjelaskan mengapa banyak pianis terkenal berhenti tampil di suatu tempat dalam interval usia ini. Menghafal mulai menjadi masalah dalam hidup mereka. Membaca musik juga menjadi salah satu kendala besar karena sebagian orang diinterval usia ini membutuhkan bantuan kaca mata untuk bisa membaca musik. Tapi percayalah kamu masih bisa sampai ke level sonata Beethoven meskipun mungkin membutuhkan hitungan tahun yang panjang untuk menguasainya.

Jangan khawatir jika tingkat belajar mulai melambat, yang perlu dilakukan adalah terus menghafal dan berkonsentrasi pada nada-nada penting. Pada akhirnya tidak ada alasan mengapa kamu tidak bisa mulai belajar piano pada usia diatas 30 tahun. Selama jantung kita masih berdetak dan jari masih bisa bergerak kita berkesempatan memainkan repertoar-repertoar favorit. Gunakan trik latihan piano yang juga dilakukan oleh anak-anak.

Belajar piano, terutama kerja memori, adalah salah satu latihan terbaik untuk otak. Oleh karena itu, upaya serius dalam belajar piano akan menunda proses penuaanmu seperti halnya latihan fisik yang diperlukan untuk menjaga kesehatan. Mungkin tidak akan ada guru yang bisa memberimu pengarahan yang memuaskan, so beli piano saja dan belajarlah secara ototdidak.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s