Alat Musik Gitar Brian May

Musik di era 60-an akhir hingga menjelang 90-an sangat berwarna. Musik di era itu diisi oleh grup-grup musik yang dikenal dengan sebutan band. Band-band tersebut menghiasi belantika musik dengan genre-genre yang menarik. Inggris adalah salah satu negara penghasil band-band populer di era itu. Sebut saja seperti The Beatles, band legendaris ini masih menjadi idola hingga saat ini. Tidak jauh dengan era The Beatles muncul dari tanah Inggris juga band pop legendaris bernama Queen.

Queen terkenal dengan kombinasi musik modern dengan sentuhan vokal gaya opera. Freddie Mercury menjadi ikon dalam band itu. Seseorang yang tidak kalah ikonik dengan Mercury adalah sang gitaris Brian May. Seorang maestro dari alat musik gitar yang didapuk menjadi salah satu gitaris terbaik dunia oleh beberapa majalah musik dunia . Brian May menjadi kunci harmonisasi musik band queen. Alat musik terbaik gitar yang digunakan oleh Brian May berbeda dengan gitar-gitar pada waktu itu. Hal itu disebabkan karena alat musiknya tersebut dibuat oleh dirinya sendiri dibantu oleh ayahnya. Sebagai seorang anak dari seorang ahli elektronik Brian May mewarisi keahlian ayahnya itu. Alat musik ciptanyaanya diberi nama the red special dan the fireplace. Alat musik ciptaannya tersebut memiliki komponen yang berbeda dengan kebanyakan gitar apda masa itu. Tujuannya adalah menciptakan karakter suara yang memang diinginkan oleh Brian May.

Alasan pemberian nama itu dikarenakan alat musik tersebut berwarna merah, dan stang gitar yang terbuat dari kayu abad ke-18an yang diambil dari perapian. Brian May sukses menciptakan riff-riff gitar yang sangat khas. Untuk era 70-an Brian may mampu memunculkan sebuah bentuk musik yang tergolong canggih. Ampli vox AC30 semakin menguatkan karakter gitar Brian May dengan teknik andalannya harmoni yang berlapis-lapis. Bakat musik yang tidak perlu diragukan dari seorang Brian May sejalan juga dengan kemampuannya dibidang fisika dan kini Brian May telah memiliki gelar CBE, Phd, dan FRAS. Gelar-gelar itu merupakan bukti sumbangsih Brian May terhadap dunia dibidang ilmu pengetahuan terutama di bidang fisika.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s