Beatboxing Sang Peniru Alat Musik Melalui Mulut

Dewasa ini banyak dari musisi-musisi yang mengunakan gadget dan komputer untuk memproduksi musik yang diinginkannya. Begitupun dengan alat musik yang kini tersedia secara virtual. Disaat serangan gelombang virtualisasi alat musik masih ada sebuah bentuk usaha dalam meniru suara alat musik tertentu dan disebut dengan beatboxing. Beatboxing atau dikenal juga dengan vocal percussion telah hadir di dalam dunia musik amerika semenjak abad ke-19an.

Beatboxing awalnya merupakan sebuah usaha meniru suara hentakan drum. Kemungkinan beatboxing berawal dari Afrika yang menggunakan bagian-bagian tubuh tertentu dijadikan alat musik dan dimainkan secara berkelompok. Sonny Boy Williamson II adalah salah satu orang yang mulai menggunakan beatboxing dalam karya musiknya dan merekamnya. Beatboxing selalu diasosiasikan dengan genremusik hip-hop. Telah banyak juga grup musik ataupun solo yang menggunakan beatboxing atau vocal percussion dalam mengisi musiknya. Sebut saja seperti Paul McCartney, Pink Floyd dan bahkan Mickael Jackson melibatkan vocal percussion dalam produksi musiknya. Beatboxing atau vocal percussion ini sendiri mengalami kemajuan. Tidak hanya menirukan suara dari alat musik drum saja, modern beatboxing mampu menirukan suara dari beberapa alat musik lainnya seperti suara gitar elektrik dan gitar akustik. Bagi orang-orang yang berminat lebih jauh mengenai beatboxing ini ada sebuah lembanga yang akan mengenalkan hal-hal mengenai beatboxing dan mewadahi orang-orang yang terlibat di dalam dunia beatboxing bernama Humanbeatboxing.com.

Ada banyak tokoh yang membawa beatboxing lebih berwarna salah satu diantaranya adalah Kenny Muhammad yang terkenal dengan teknik menirukan suara snare drum dengan sangat mempesona. Beatboxer sebutan untuk orang-orang yang memainkan vocal percussion. Sekian banyak bentuk-bentuk baru dalam alat musik kian menambah pesona musik. Sekalipun hanya menirukan tetapi beatboxing atau vocal percussion ini pmerupakan sebuah terobosan yang tak kalah mutakhir di dalam permusikan. Sekalipun hanya menggunakan mulut beatboxing juga memiliki beberapa teknik untuk menirukan suara sebuah alat musik. Meniru sebuah kata yang sering diasosiasikan dengan plagiatisme, pembajakan, jiplak dan lain sebagainya. Tetapi arti kata peniruan di dalam beatboxing bearti sebuah kreatifitas, sebuah terobosan, sebuah inovasi yang dilakukan segelintir orang perlu kita apresiasi dan pelajari.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s