Alat Musik Perkusi

Alat musik perkusi merupakan sebutan bagi instrument musik yang teknik permainannya dipukul, baik menggunakan tangan atau stik. Oleh karena itu, seseorang untuk memainkan alat musik ini yaitu menggunakan teknik dengan cara dipukul. Menurut Ali, dijelaskan juga bahwa suara yang dihasilkan bersumber dari kulit atau selaput, lempengan kayu atau besi yang dipukul. Instrument perkusi pada dasarnya merupakan benda apapun yang dapat menghasilkan suara bak karena dipukul, digosok, dikocok, diadukan, atau dengan cara apapun yang dapat membuat getaran pada benda tersebut.

Istilah perkusi biasanya digunakan pada benda yang digunakan sebagai pengiring suatu permainan musik dalam pertunjukan musik. Alat musik perkusi yang disebut juga dengan alat musik pukul atau tabuh adalah alat musik yang menghasilkan suara dengan dipukul, ditabuh, digoyang digosok, atau tindakan lain yang membuat objek bergetar, baik dengan suatu alat, tongkat, maupun dengan tangan kosong. Kata ini berasal dari istilah latin yaitu percussion (yang berarti memukul) dan percussus (kata benda yang berarti pukulan). Alat musik perkusi cukup sederhana dan mudah untuk dimainkan karena untuk membunyikannya tidak memerlukan teknik khusus dalam memainkan alat musik ini, cukup dengan memukul, menggosok secara asal saja alat music ini sudah bias berbunyi.Tetapi jika dalam memainkannya ingin mendapatkan bunyi irama suara yang sempurna maka harus melatihnya dengan terus-menerus dan bersungguh-sungguh.

Perkusi adalah sebutan bagi semua instrument musik yng teknik permainannya dipukul, baik menggunakan tangan maupun stik. Dalam hal ini, beberapa instrument musik yang tergolong dalam alat music perkusi adalah Gamelan, kendang, kecapi, arumba, talempong, sampek, dan kolintang, rebana, bedug, jimbe, dan lain sebagainya. Safri duo adalah salah satu musisi yang berasal dari Denmark dan memiliki dua anggota yang memainkan alat musik perkusi tersebut.Mereka berhasil menjual album-album lagunya ke seluruh dunia dan bahkan telah terkenal sampai sekarang. Detakan alat musik perkusi yang mereka mainkan akan membuat penonton yang menikmatinya ikut bergoyang tanpa henti hingga lagunya selesai. Sehingga perkusi mungkin menjadi salah satu instrumen yang memiliki nada-nada yang hanya bisa dimainkan dengan cara tersendiri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s