Meningkatkan Kemampuan Pendidikan Melalui Sekolah Nonformal

Pendidikan merupakan suatu sarana yang sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Hal ini disebabkan karena pendidikan adalah sector yang dapat menciptakan kecerdasan manusia dalam keberlangsungan kehidupannya, pentingnya pendidikan agar dengan mudah segala kebutuhan hidup dapat diperoleh dalam belajar musik. Pada prinsipnya pendidikan merupakan sebuah agenda yang sangat penting dalam pelaksanaan program kerja terhadap setiap Negara tidak terkecuali Indonesia.

Pendidikan merupakan modal yang sangat penting dalam bermasyarakat karena memiliki sifat yang sangat urgensif. Dalam menghadapi persaingan global, masyarakat Indonesia dituntut agar dapat selalu memberikan sesuatu yang lebih karena ini penting untuk modal bersaing dengan Negara-negara lain. Sumber daya manusia yang ada di Indonesia merupakan subjek terdepan dalam melakukan hal tersebut. Oleh karena itu,dengan sumber daya manusia yang handal Negara Indonesia akan dapat bersaing dengan Negara-negara lain di dunia. Ki Hajar Dewantara pernah mengatakan bahwa tripusat pendidikan dibagi kedalam pendidikan keluarga sebagai sumber penataan perilaku pertama, pendidikan sekolah sebagai penguat kemampuan akademis dan intelektual manusia, serta pendidikan di lingkungan bermasyarakat. Karena ketiganya saling berkaitan satu sama lain dalam membentuk nilai-nilai etik dan akademis dari setiap anak-anak di Indonesia.pendidikan disekolah misalnya akan mengajarkan bagaimana secara teknis kemampuan setiap anak digali potensi berpikir logis dan akademisnya.
Sekolah formal yang ada di Indonesia merupakan wadah yang tepat didalamnya. Selain itu, banyak sekali diluar itu yang mampu memberikan keuntungan lebih dalam perkembangan kemampuan anak. Sekolah masak, sekolah musik dan yang lain dapat menjadi alternatif diluar sekolah formal. Dalam sekolah musik contohnya ketika anak diajarkan tentang harmonisasi alat musik yang dimainkan bersama teman sekelasnya yang ada di sekolah musik tersebut maka anak akan mencoba belajar menghargai dan bekerja sama dengan orang lain. Sekolah musik juga memberikan nilai-nilai edukasi yang tidak terdapat di bentuk pendidikan lain. Sekolah nonformal seperti sekolah berkesenian musik seperti ini adalah wahana yang tepat dalam menunjang pengembangan diri yang maksimal. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa bermusik adalah sarana memperkuat jiwa yang pada akhirnya meningkatkan potensi seseorang secara keseluruhan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s