Alat Musik Harmonika

Harmonika merupakan alat musik yang paling mudah dimainkan. Alat musik harmonika dimainkan dengan cara ditiup dan dihisap agar dapat mengeluarkan suara yang cukup bagus. Harmonika berasal dari alat music tradisional Cina atau Tiongkok yang bernama Sheng yang telah digunakan kira-kira sekitar lima ribu tahun yang lalu sejak zaman kekaisaran Nyu-Kwa. Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Freidrich Buschman.

Sebuah instrument alat musik iup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horizontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis. Desain awal dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan dimodifikasi menjadi lebih baik. Salah satu contohnya adalah harmonika yang dibuat oleh Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern. Pada tahun 1826 Richter mengembangkan variasi harmonika engan 10 lubang tetap dan 20 plat getar dengan pemisahan fungsi plet yang ditiup dan yang dihisap. Pada akhirnya, nada yang dibuat oleh Richter disebut juga dengan nada diatonis yang merupakan nada standar harmonika. Pada alat musik harmonika terdiri dari tujuh bagian antara lain adalah Cover Plates pada bagian paling atas dan paling bawah pada harmonika yang berfungsi sebagai tempat tangan ketika seseorang sedang memainkan harmonika dan briasanya terbuat dari bahan metal.

Kedua, Reed-Plate yang tepat berada di bawah cover plates yang terbuat dari bahan kuningan atau tembaga. Ketiga adalah Comb pada bagian tengah pada alat musik harmonika yang terbuat dari bahan plastic atau kayu. Keempat adalah Mouth Piece yang hanya terdapat pada harmonika jenis kromatik dab berada pada bagian depan harmonika yang terlihat menonjol keluar. Kelima adalah slide system yang juga terdapat pada jenis harmonika jenis kromatik dan terbuat dari logam. Keenam adalah windsavers yaitu sejenis plastic seukuran membrane reed yang tertempel di balik membrane reed dan memiliki fungsi untuk menahan yang lewat di suatu lubang reed karena tiupan atau sedotan untuk reed lain. Ketujuh adalah buffer yang hanya ditemukan pada jenis harmonika kromatik.

Sumber : http://id.yamaha.com/id/news_events/products/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s