Fenomena Pengamen Angklung Sebagai Wujud Kreatifitas Masyarakat

Musik dan kreatifitas merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan begitu saja, dalam perkembangannya, ada banyak sekali wujud kreatifitas yang ditunjukkan oleh masyarakat berbagai kalangan dalam bermusik. Salah satu contoh menariknya adalah kreatifitas yang ditunjukkan oleh kelompok pengamen yang biasa disebut dengan sebutan pengamen angklung. Jenis pengamen semacam ini banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, terutama kota Yogyakarta. Kelompok pengamen semacam ini sebenarnya jauh lebih sesuai untuk disebut sebagai pemusik. Pasalnya, kreatifitas mereka dalam menyuguhkan musik kepada pendengar dengan menggunakan berbagai alat musik patut diacungi jempol.

Jika didengarkan dengan seksama, jenis musik yang dibawakan oleh pengamen angklung memang mempunyai nuansa etnis yang cukup kental. Hal ini mungkin disebabkan oleh penggunaan angklung sebagai alat musik utama yang dimainkan oleh kelompok semacam ini. Instrumen ini juga biasanya dipadukan dengan instrumen tradisional lainnya, yaitu kulintang. Selain itu, ada juga instrumen musik yang dibuat secara alakadarnya dan digunakan sebagai satu set perkusi untuk membuat musik yang dihasilkan menjadi lebih semarak. Dengan demikian pula, bisa dikatakan bahwa kelompok ini membawakan musik dengan perpaduan nuansa etnis tradisional dan juga modern. Terlebih lagi, jenis lagu yang dibawakan juga biasanya adalah lagu-lagu modern yang bahwakn sedang populer di masa sekarang ini. Hal ini jugalah yang mungkin membuat kelompok pemusik jalanan semacam ini mudah untuk diterima baik di tengah masyarakat.

Di Jogja sendiri, kelompok pemusik angklung semacam ini banyak ditemui di perempatan lampu merah, di mana mereka menata semua alat musik yang mereka mainkan secara berjajar dan memainkan semua alat tersebut setiap kali lampu merah menyala. Biasanya, memang tidak ada lagu yang dinyanyikan di dalam setiap permainan karena mereka memang secara khusus hanya menyuguhkan alunan musik etnis modern dengan tempo yang cenderung cepat saja untuk dinikmati oleh para pendengarnya. Hal ini juga bisa dilihat dari minat masyarakat untuk menyewa kelompok musik semacam ini sebagai pengisi acara di saat ada event tertentu.

sumber : http://id.yamaha.com/id/news_events/products/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s