Macam-macam instrumen musik

Didunia ini instrumen musik banyak sekali ragamnya, setiap ragam musik tersebut tentunya punya bentuk dan ukuran berbeda-beda yang pada akhirnya juga menghasilkan suara berbeda. Jika kamu mantap ingin menjadi musisi seharusnya sudah paham tentang macam instrumen musik yang ada.

Jika ternyata masih pemula, sempatkanlah waktumu untuk mengenal macam-macam instrumen musik. Jangan hanya berfokus untuk beli gitar, drum, keyboard dll namun melupakan tentang keseluruhan instrumen itu sendiri. Setidaknya berikut ini adalah macam-macam instrumen musik yang mesti kamu tahu:

a.      Instrumen kuningan

Terompet, trombone, dan tuba adalah instrumen yang masuk dalam jenis ini. Umumnya jenis alat musik kategori instrumen kuningan dimainkan dengan cara ditiup. Jenis instrumen kuningan sering kita lihat dimainkan dalam musik jazz dan ska. Sayang di Indonesia instrumen ini kurang begitu populer.

b.      Instrumen perkusi

Alat musik perkusi dimainkan dengan cara dipukul, pantulan dari getaran akibat pukulan inilah yang kemudian menghasilkan bunyi berirama. Beberapa alat musik perkusi yang sering kita lihat dan mainkan adalah drum dan gendang. Instrumen yang masuk dalam jenis perkusi biasanya juga menghasilkan suara bising.

c.       Instrumen string

Dibanding macam instrumen musik yang lain, instrumen string mungkin yang paling banyak ragamnya dan juga paling diminati didunia. Instrumen string dimainkan dengan dipetik. Gitar, biola, viola, cello, double bass, ukulele, gambus, kecapi, dan banjo adalah alat musik yang termasuk dalam kategori instrumen string.

d.      Instrumen woodwind

Merupakan instrumen yang menghasilkan suaranya dari getaran buluh yang terdapat dibagain corong. Bassoon, klarinet, , seruling, oboe, piccolo, dan saksofon adalah contoh instrumen woodwinds. Kamu dapat memainkannya dengan cara meniupnya.

e.      Instrumen Miscellaneous

Namanya mungkin cukup aneh, namun instrumennya sering kita jumpai bahkan dimainkan. Dua diantara beberapa alat musik yang tergabung dalam jenis ini adalah harmonika dan keyboard.

http://id.yamaha.com/id/products/proaudio/speakers/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s