Belajar dasar-dasar drum

Drum merupakan alat musik jenis perkusi tertua didunia. Drum dulu dibuat dengan amat sederhana, namun seiring berjalannya waktu drum dibuat dari bahan yang lebih baru sampai ada yang terbuat logam dan plastik. Perbedaan bahan ini pada akhirnya memengaruhi cara kita memainkannya, karena setiap bahan butuh sentuhan berbeda. Tapi dasarnya tetaplah sama. Jadi, jika kamu beli drum dari berbagai bahan cukup kuasai dasar-dasar bermain drum saja. Berikut dasar-dasar permainan drum yang mesti kamu tahu:

a.       Penggunaan stik drum

Stik merupakan salah satu aksesoris yang memberikan perbedaan besar pada permainan drum. Jika terlalu tebal kamu kemungkinan besar kamu tidak akan merasa nyama, sementara jika terlalu tipis maka kamu seperti tidak memukul apa-apa diudara dan itu akan nampak sangat aneh. Terdapat banyak ukuran stik yang bisa dipilih, namun saran saya pilih yang menurut kamu paling nyaman, karena ukuran yang direkomendasikan oleh toko musik biasanya belum tentu nyaman untuk tangan kita. Jangan juga beli stik hanya karena digunakan oleh idolamu, karena belum tentu sesuai dengan kebutuhan.

b.      Kuasai snare drum

Snare merupakan bagian yang paling umum digunakan. Snare ini menjadi pembeda karakter kamu dengan drummer lainya. Snare sendiri terbagi lagi kedalam berbagai jenis yang tidak habis jika disebutkan disini, maka kamu mesti mempelajarinya langsung.

c.       Kuasai soal tempo

Nah ini juga menjadi bagian penting dalam proses belajar drum. Tempo adalah urat nadi saat kamu belajar, sebab suara drum merupakan satu-satunya lead dalam sebuah musik. Belajar soal tempo ini bisa kamu mulai dengan sering melatih kemampuan bass drum kamu. Jika masih kesulitas maka metronome bisa kamu jadikan bantuan, sebab metronome akan membantumu bermain dengan tempo konsisten.

Itulah 3 dasar bermain drum yang mesti kamu pahami sekarang juga. Upayakan melakukan yang terbaik untuk mendapat hasil terbaik pula. Jangan beli drum asal-asalan sebab drum sangat menentukan masa depan kamu sebagai drummer.

 

http://id.yamaha.com/id/products/proaudio/speakers/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s