Tips belajar progresi akord dengan metode mendengar

Lain waktu kita telah membahas bagaimana belajar melodi dengan mendengar, seperti kita tahu bahwa melodi pada gitar itu amat penting. Setelah materi melodi dikuasi kita mesti beranjak ke materi selanjutnya yakni akord dan progresi akord, tentunya masih dengan metode sama yakni mendengar.

Man, Playing, Guitar, Male, Music, Musician, Play

Sebelum memulai belajar materi ini saya sarankan untuk beli alat musik gitar yang nyaman dan baik karena bagian akord ini sangat mengandalkan soal kualitas string. Jika bisa mulailah belajar dengan gitar akustik, karena dapat mendorongmu untuk belajar lebih cepat. Setelah memiliki gitar yang dibutuhkan maka untuk menguasai akord dan progresi akord inilah yang mesti kamu lakukan.

1.Belajar tune bass

Ya, saat belajar mengenal akord dan progresinya yang paling penting untuk dikenali pertama kali adalah tune bass. Notes terendah dalam musik menentukan bagaimana semua notes akan terdengar. Harmonipun selalu dimulai dengan ntes bass. Jadi hal pertama yang mesti kamu lalu adalah mendengarkan dengan seksama dan menyetel ke garis bass. Ini mungkin membutuhkan beberapa latihan, karena kita terbiasa mendengarkan melodi yang mudah

2.Mengetahui bagian bass

Berikutnya, mencari tahu bagaimana bass dimainkan, mungkin notes tunggal yang diulang atau mungkin garis yang lebih merdu. Proses ini sangat mirip dengan belajar riff dan melodi dengan telinga. Yang paling penting: pastikan kamu sudah punya gambaran mengenai garis bass di kepala dan bisa menyanyi atau bersenandung dulu. Berikutnya, mencari tahu satu nada pada suatu waktu, sampai akhirnya menemukan lima sampai sepuluh detik bagian bass dari lagu tersebut.

3.Mengetahui root note

Root note adalah semacam simbol yang kita gunakan untuk menamai akord. Misalnya root notee untuk B akord minor adalah B. Anggap saja sebagai dasar chord. Langkah berikutnya adalah untuk mendengarkan garis bass dan mencari tahu mana yang merupakan root note.

Garis bass biasanya tidak akan memainkan root note sepanjang waktu, tetapi akan menekankan hal itu. Dengarkan bagian bass yang dimainkan paling panjang. Setiap kali harmoni berubah, kamu akan mengenali ada bagian note yang ditekankan secara berbeda dan itulah root note.

4.Periksa apakah benar chord itu root note besar atau kecil

Katakanlah kamu menemukan root note pertama adalah G. Coba memainkan G akord mayor dan minor G. Dengarkan mana yang terdengar benar. Secara kasar, akord utama biasanya terdengar bahagia, dan akord minor terdengar sedih.  Mencari tahu akord seperti ini adalah cara terbaik untuk belajar mengenali suara

Ulangi terus latihan diatas sampai kamu mengetahui progresi akord umumnya. Saya sarankan untuk mempelajarinya dari lagu-lagu seperti Jimi Hendrix – Hey Joe, Outkast – Hey Ya!, REM – Everybody Hurts Bob Marley – Jammin ‘, Radiohead – Creep, Arctic Monkeys – Cornerstone atau Otis Redding – Sittin ‘di Dock of the Bay.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s