Memahami Bagian Piano sebelum Memainkannya

Piano merupakan salah satu alat musik yang sangat populer di dunia yang dimainkan dengan sentuhan jari-jemari. Alunan suaranya yang indah tak heran bagi sebagian orang alat musik ini termasuk jenis alat musik romantis yang sangat cocok digunakan untuk mengiringi lagu yang romantis pula. Sebelum memainkannya, alangkah baiknya Anda mengenal bagian piano terlebih dahulu untuk lebih memahami fungsi tiap bagian piano. Cara memainkannya pun gampang-gampang susah tergantung kemampuan dan pengetahuan kita akan alat musik ini.

Bagian utama yang jelas sekali terlihat yaitu tuts piano. Tuts piano memiliki dua macam warna yakni tuts berwarna hitam dan putih. Mulanya, tuts piano hanya berwarna putih namun karena sulit digunakan dan kurang praktis maka terciptalah piano dengan dua warna tuts yang dapat memudahkan penggunanya. Mengenal bagian piano sangat penting untuk Anda para pemula yang ingin mempelajarinya. Bagian piano yang kedua ialah martil. Martil sendiri merupakan bagian piano yang memberikan suara tuts pada piano. Cara kerjanya yakni ketika tuts piano ditekan, lalu tuas akan mendorong martil untuk memukul dawai pada piano.

Bagian ketiga piano yang tak kalah pentingnya ialah dawai piano. Dawai sendiri merupakan sumber suara dari piano yang dapat menghasilkan bunyi berdenting saat ditekan oleh martil pada bagian bawahnya. Bagian ke empat piano yakni pedal. Pedal memiliki peran penting dalam menentukan suara yang dihasilkan oleh piano. Suara tersebut bisa lantang dan kuat bila Anda membukanya secara lebar. Apabila Anda menginginkan suara piano yang jernih maka Anda bisa membuka bagian depan piano.
Bagian terakhir yaitu kaki piano. Kaki piano merupakan pondasi tempat piano diletakkan dan tidak mempunyai pengaruh pada suara yang dihasikan.

Semua bagian piano umumnya memiliki peran yang sama penting dan saling melengkapi. Anda dapat lebih memahami dan mengenal bagian piano dengan mengamatinya secara langsung. Kini Anda pun tak perlu khawatir dengan harga piano yang memang mahal karena Yamaha Musik Indonesia menawarkan harga yang sesuai dengan kantong Anda. Di samping harganya yang bersahabat, kualitas piano yang ditawarkan pun tak kalah menarik.

http://id.yamaha.com/id/products/proaudio/speakers/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s