Cara Merawat Piano Agar Awet

Jika kita berbicara tentang seni musik yang klasik pasti kita langsung merujuk ke piano. Ya, memang benar jika piano merupakan simbol dari seni musik yang bersifat klasik sekaligus berkelas. Lewat permainan jari pada tuts yang berwarna hitam dan putih serta pedal kaki, maka terciptalah alunan musik yang merdu, lembut, klasik dan berkelas. Kesempatan untuk memainkan piano pun tidak datang untuk semua orang. Harga satu buah piano yang mencapai puluhan juta Rupiah serta biaya kursus piano yang mahal membuat piano hanya dijangkau oleh kelas menengah ke atas. Mengingat harganya yang selangit, para pemilik piano sangat memperhatikan cara merawat piano agar melodi yang dihasilkan oleh piano tetap berkualitas dan berkelas.

Cara merawat piano yang paling mudah dipraktekkan oleh para pemilik alat musik ini adalah dengan memperhatikan segi peletakan piano. Piano yang memiliki ukuran besar pasti akan memakan banyak ruangan di rumah. Jangan letakkan piano di dalam ruangan yang memiliki suhu yang tidak stabil seperti ruangan dengan air conditioner, pemanas ruangan maupun radiator. Sebaiknya lapisi permukaan piano dengan kain yang lembut untuk menghindari piano dari berbagai goresan. Meski pun meletakkan vas bunga atau bingkai foto membuat piano menjadi lebih cantik, jangan pernah meletakkan benda apa pun di atas piano. Hal itu bisa membuat lapisan luar piano dan juga mekanisme dari instrumen tersebut.

Menjaga kebersihan dari piano menjadi bagian dari cara merawat piano yang harus diperhatikan dengan benar. Selalu bersihkan debu mau pun kotoran yang menempel pada permukaan piano dan juga tuts piano dengan menggunakan lap yang lembut dan lembab. Selain itu, agar kualitas suara yang dihasilkan piano tetap terjaga, rutinlah lakukan stem pada piano setiap enam bulan sekali. Untuk prosedur stem piano bisa dilakukan dengan memanggil teknisi piano yang berpengalaman dari Yamaha Musik Indonesia.  Melalui proses stem, kita bisa mengetahui masalah apa saja yang ada di dalam piano kita. Masalah tersebut pun bisa diatasi dengan segera oleh ahlinya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s