Mengenal Alat Musik Viola

Apa yang akan kita jawab jika kita diminta untuk menyebutkan alat musik gesek? Sebagian besar dari kita pasti akan menjawab biola dan rebab. Padahal, alat musik gesek tidak biola dan rebab saja. Ada satu alat musik yang dimainkan dengan cara digesek yaitu alat musik viola. Tidak hanya namanya saja yang berbeda satu huruf, dari segi bentuk mau pun cara memainkan dua instrumen tersebut nyaris sama. Lalu? Apa yang membedakan antara viola dan biola? Ya. Secara garis besar, viola merupakan biola yang memainkan melodi dengan range alto atau suara yang berat dan rendah. Viola juga memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan biola atau violin.

Secara detail, alat musik viola dan biola memiliki jumlah senar yang sama, yaitu empat senar. Tetapi senar-senar yang ada pada viola dan biola menghasilkan nada yang berbeda. Senar-senar pada viola cenderung menghasilkan suara yang lebih berat dan rendah yaitu pada nada C, G, D dan A. Sedangkan, suara yang dihasilkan dari senar yang ada di dalam biola akan menghasilkan nada yang lebih tinggi yaitu G, D, A dan E. Seperti yang kita tahu bahwa dalam bermain musik ada istilah treble clef yang merujuk pada nada awal yang dihasilkan oleh instrumen musik. Pada umumnya, hampir semua alat musik akan menghasilkan treble clef dari kunci G. Hal ini berlaku pada biola, klarinet, flute, saksofon dan piano. Sedangkan, pada viola tidak ada istilah treble klef karena nada awal yang dihasilkan adalah kunci C yang disebut dengan alto clef.

Perbedaan lain yang bisa dijumpai antara alat musik viola dan biola bisa dijumpai dari segi penyebutan pemainnya. Para pemain viola akan disebut dengan violis dan para pemain biola akan disebut dengan violinis. Cukup jelas bukan perbedaan dua instrumen tersebut? Lalu? Bagaimana untuk memainkan viola? Tentu saja untuk memainkannya kita bisa belajar di Yamaha Musik Indonesia yang memiliki banyak guru musik dengan kemampuan musik yang mumpuni.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s