Bentuk Sajian Dalam Bernyanyi

Terdapat beberapa bentuk sajian dalam bernyanyi di mana termasuk di antaranya adalah unsur-unsur teknik vokal. Kita bisa mempelajari unsur-unsur ini agar dapat mengolah dan menghasilkan suara dengan lebih baik. Yang pertama adalah artikulasi yaitu cara pengucapan dari kata demi kata agar terdengar baik serta jelas. Berikutnya adalah pernafasan yang merupakan usaha dalam menghirup udara sebanyak-banyaknya untuk kemudian disimpan dan dikeluarkan sesuai kebutuhan. Pernafasan ini dibagi ke dalam tiga jenis. Yang pertama adalah pernafasan dada sehingga cocok untuk menjangkau nada-nada rendah serta untuk penyanyi yang mudah merasa lelah. Kedua adalah pernafasan perut di mana udara cepat habis sehingga cenderung kurang cocok untuk bernyanyi dan membuat penyanyi cepat lelah.

Terakhir adalah pernafasan diafragma. Pernafasan ini terutama adalah yang paling cocok digunakan untuk bernyanyi karena udara akan dapat diatur oleh pemakainya secara lebih mudah. Pernafasan diafragma juga akan lebih memiliki power dan juga stabilitas vokal yang baik. Bentuk sajian dalam bernyanyi berikutnya ialah phrasering, yaitu aturan dalam pemenggalan kalimat yang baik agar mudah untuk dimengerti dan sesuai kaidah yang berlaku. Berikutnya yang tak kalah penting adalah sikap badan saat seseorang sedang bernyanyi. Bisa dilakukan sambil duduk ataupun berdiri, yang penting tidak mengganggu saluran pernafasan. Selanjutnya adalah resonansi yaitu usaha dalam memperindah suara dengan cara memfungsikan rongga-rongga udara agar turut bergetar terutama di sekitar mulut serta tenggorokan.

Termasuk dalam bentuk sajian dalam bernyanyi selanjutnya adalah vibrato, yaitu usaha dalam memperindah sebuah lagu dengan memberikan gelombang atau suara bergetar yang teratur. Umumnya vibrato akan dilakukan pada akhir lagu. Kemudian ada lagi improvisasi, yaitu usaha dalam memperindah lagu dengan cara mengubah atau menambah sebagian dari melodi lagu secara profesional tanpa mengubah melodi pokok dari lagu tersebut. Intonasi adalah tinggi rendah dari suatau nada yang harus dapat dijangkau secara tepat. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai teknik olah vokal yang baik dan benar, kita bisa mengikuti sekolah musik terbaik di Indonesia yaitu di Yamaha Musik Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s