Beli speaker dan tips menggunakan speaker diatas panggung

Jika kebetulan kamu berminat beli speaker untuk digunakan dipanggung mini bikinan sendiri didepan rumah, tentunya kamu juga harus sudah paham soal bagaiamana posisi idealnya speaker ditempatkan. Sebab untuk bisa menghasilkan suara sempurna, speaker tidak bisa ditempatkan sekenanya saja. Ada rumusan dari para profesional yang layak diikuti.

Ada beberapa langkah mudah yang dapat mengambil untuk mendapatkan hasil maksimal dari saluran pusat speaker. Saran pertama saya adalah untuk selalu menggunakan merek yang sama dan seri speaker di seluruh panggung depan ruangan. Tidak ada kompromi.

Kamu harus pastikan komponennya semua sama, sehingga bisa menciptakan blending mulus. Soal posisi juga harus selaras, tingginya sama dan melintasi panggung depan. Jika keselarasan yang sempurna tidak dimungkinkan, pastikan kiri dan kanan saluran selaras dan usahakan jaraknya berdekatan.

Secara umum, cobalah untuk menghindari penempatan speaker menggunakan kabiner atau menempatkannya langsung pada permukaan yang keras (seperti top kabinet atau counter atas). Cobalah untuk memberikan speaker ruang bernapas dari batas-batas dan permukaan.

Untuk kesempurnaan yang benar-benar nyata, ada baiknya menggunakan tiga speaker identik di panggung depan. Ini berarti membuang saluran horizontal center demi sebuah tower speaker yang cocok atau bookshelf speaker.

Jika memiliki beberapa ruang cadangan di tengah-tengah panggung depan (tetapi tidak cukup untuk speaker full-range), cobalah kreatif dengan mengubah posisi central speakernya. Upayakan central speaker fokus pada penonton yang berada ditengah area.

Tidak percaya dengan trik ini? Lakukan beberapa tes mendengarkan central speaker dengan terik tersebut dan pindahkan secara bergantian antara orientasi horisontal dan vertikal. Kaymu pasti akan mendengar respon yang lebih dan seragam. Selamat mencoba!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s