Beli speaker dan jaga kesehatan mental dengan rutin mendengarkan musik

Memasuki era milenium banyak sekali penelitian baru yang menegaskan kekuatan musik untuk mengurangi stres. Salah satu temuan penting para peneliti adalah bahwa mendengarkan musik dapat memancing timbulnya dopamin, yakni senyawa kimia di otak yang memberikan kita efek senang.

Dalam beberapa penelitian juga ditemukan bahwa orang yang rajin mendengarkan musik memiliki kadar dopamin 9% lebih tinggi dibanding mereka yang tidak. Ini adalah bukti kuat untuk hubungan antara musik dan kesehatan mental.

Musik juga diketahui telah digunakan banyak orang untuk meningkatkan mood mereka. Setidaknya dari seribu orang yang disurvei sepertiganya mengaku selalu menggunakan musik untuk meningkatkan mood ketika mereka merasa down baik karena urusan pribadi maupun pekerjaan.

Mendengarkan musik disela-sela aktifitas akan membuat pikiran lebih terbuka. Ketika sebuah kantor rutin memperdengarkan musik diketahui bahwa kondisi para pekerja lebih santai dengan produktifitas yang meningkat. Musik juga diketahuhi dapat mengelola stres, seperti makan dengan benar dan tidak bekerja berjam-jam.

Sudah jelas musik merupakan bagian penting dalam kehidupan kita. So tak ada salahnya kamu beli speaker dan menaruhnya ditempat kerja. Siapa tahu setiap hari moodmu bisa terus terjaga dengan produktifitas kerja yang meningkat. Kamu juga bisa mengelola stres dengan menyetel musik-musik favorit.

Musik juga akan membuatmu lebih percaya diri. Terbukti mereka yang memahami musik dengan sangat baik selalu mendapat banyak teman dan berhasil dalam pertemanannya. Musik juga efektif untuk meningkatkan semangat.

Coba saja setel lagu-lagu agak ngebeat dikantormu, adrenalin pasti akan meninggi dan kamupun segera tertantang untuk melakukan aktifitas yang sibuk dan tinggi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s