Hal-hal yang harus diperiksa saat beli drum baru dan bekas

Apa sih yang selalu dipertimbangkan ketika akan membeli elektrik drum baik baru maupun bekas? Ya tentunya harga. Drummer pemula sepertinya tidak akan perneh terdepresiasi dengan harga drum yang ditawarkan produsen.

Percayalah berinvestasi dengan beli drum tidak akan membuatmu rugi besar, bahkan ketika yang akan kamu jual kembali adalah drum bekas. Dengan hanya modal Rp 5 juta, kamu bisa mendapatkan kenikmatan bermain drum. Saat dijual kembalipun harganya tidak akan turun sampai 50% kecuali ketika umurnya sudah berusia 2tahun keatas.

Soal harga jual kembali ini juga dipengaruhi bagaimana saat kamu pertama kali beli drum. Bagaimana selektifnya kamu hingga bisa mendapatkan drum impian. Pasalnya, ada banyak yang harus diperhatikan ketika memilih sebuah drum. Berikut beberapa diantara bagian drum yang mesti diperiksa sebelum dibeli.

Simbal – pastikan bahwa tidak ada retak atau riak di simbal, jika ada retakan kemudian pertimbangkan untuk memiliki simbal baru yang lebih baik tentunya, tapi usahakan masih dalam merek yang sama bahkan jika bisa dengan seri yang sama pula.

Drumheads – periksa bahwa kepala tidak memiliki dints besar atau perpecahan di dalamnya. Selalu melihat kepala bawah juga. Keduanya adalah sama pentingnya untuk kualitas suara kit drummu nantinya.

Hardware – Saya telah melihat beberapa kit yang terlihat seolah-olah mereka terlindungi dengan baik. Hardware yang minim perlindungan akan menyebabkan karat pada rims dan pasan tuning. Jika ada tanda-tanda pengkaratan saya rekomendasikan untuk beli yang lain saja.

Stand Hi-hat- mencoba stand hi-hat sebelum membeli kit adalah pilihan yang benar. Pastikan hi-hat yang akan dibeli tidak begitu usang sehingga hampir tidak bisa mengangkat simbal.

Shell- periksa finish pada drum dan pastikan bahwa itu tidak menggelegak atau mengupas. Juga, periksa bahwa kayu tidak retak.

Tapi selain memeriksa bagian tersebut ada yang lebih penting yaitu bahwa kamu menyukai drum kita tersebut hingga ingin terus memainkannya. Saya harap ini membantu kamu dalam menentukan pilihan mana drum terbaik yang mesti dibeli. Selamat berbelanja!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s