Beli piano dan mengenal beda digital piano dengan keyboard

Buat mereka yang ingin lihai memainkan jarinya diatas tuts piano pastinya menginginkan beli piano secepatnya, agar bisa mengeksplorasinya sendiri dirumah. Nah, katanya hanya piano akustik yang efektif mengajarimu soal eksplorasi nada ini. Tapi apakah benar begitu?

Ya, memang piano akustik sangat berpengaruh pada kreatifitas kita memainkan piano. Sebabnya tak lain karena berat setiap keysnya mampu mengajarkan kita soal feel bermain piano. Tapi sayangnya piano akustik ini seringnya dibanderol dengan harga mahal.

Sebagai orang yang ingin serius menggeluti industri musik, pastinya ini menjadi halangan yang sangat menyesakkan. Pasti kamu akan melakukan segala cara dan upaya agar bisa beli piano berkualitas.

Namun jangan terlalu memaksakan diri ya, sebenarnya alih-alih terus menargetkan untuk beli piano akustik kamu bisa coba untuk memilih alternatif lain yang lebih murah yakni piano digital. Fungsinya hampir sama namu dibanderol dengan harga lebih miring.

Tapi, jangan sampai tertukar dengan keyboard ya. Banyak sekali orang yang tidak bisa membedakan piano digital dengan keyboard. Walhasil mereka akhirnya justru salah beli piano. Lantas sebenarnya apa sih beda antara keyboard dan digital piano?

Bedanya adalah keyboard tidak menggunakan gradded hammer, melainkan model touch response. Kamu tidak akan bisa merasakan efek ketukan palu yang terjadi pada pinao akustik. Tuts keybardpun jadi lebih ringan saat ditekan, sama seperti menekan plastik saja.

Lalu mengenai rentang nada juga berbeda, piano digital bisa sama dengan akustik yang terdiri dari 88 nada, kalau keyboard jauh lebih sedikit yaitu 61 nada.

Tapi buat anak masa kini keyboard jelas jadi andalan, sebabnya karena keyboard mampu menghasilkan suara bermacam-macam alat musik. Dari suara drum hingga seruling tersedia dalam bank suara. Bahkan keyboard bisa memainkan irama dengan banyak variasi.

So, dengan bantuan keyboard saja kita bisa menciptakan sebuah band lengkap. Itulah beda antara piano digital dan keyboard. So, sudah menentukan mau beli piano jenis apa?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s